6:08 AM

Perubahan Iklim Memicu Penyakit

JAKARTA, JUMAT — Perubahan iklim yang saat ini tengah terjadi ternyata menjadi penyebab meningkatnya sejumlah penyakit. Hal itu dikatakan oleh Prof Hardianto Mangunngoro, seorang spesialis paru, di Jakarta (20/2).
"Perubahan iklim yang diakibatkan menghangatnya suhu di muka bumi dapat meningkatkan berbagai penyakit seperti DBD, infeksi saluran pernapasan sampai heat stroke," jelas Hardianto.
Hardianto menjelaskan mengapa kasus DBD meningkat 50 persen. Hal itu disebabkan nyamuk yang mulanya ruang hidupnya hanya pada daerah yang rendah, sekarang mulai hidup pada daerah dataran tinggi.

"Sebenarnya nyamuk itu tidak suka di tempat yang panas, tapi sekarang tempat yang tinggi tidak lagi dingin sehingga nyamuk pun mulai hidup di daerah tinggi," terang Hadiarto.
Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh WHO, Jakarta termasuk kota ketiga dengan kualitas udara yang buruk, setelah Mexico City dan New Delhi. Hadiarto menerangkan, dengan memburuknya kualitas udara di Jakarta, jumlah penderita penyakit saluran semakin meningkat.
"Diperkirakan pada tahun 2020 mendatang, penyakit pada saluran pernapasan akan menjadi salah satu dari 10 penyakit yang paling mematikan," paparnya. Polusi di mana-mana, belum lagi kebiasaan merokok yang sulit ditinggalkan, membuat orang akan semakin banyak terkena penyakit saluran pernapasan akut.
Sumber : www.kompas.com (20 Februari 2009)

1 comments:

Anonymous said...

waduh,klo diliat dari artikel ini kok kayanya global warming merembet ke banyak hal yaa.... bahaya... harus lebih aware sama global warming nih... btw artikelnya bagus2 buat pengetahuan sehari2...