6:10 AM

RESEP TANAMAN OBAT

Berikut adalah resep tanaman obat yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit yang umum diderita orang.
REUMATIK
Ditulis pada Oktober 9, 2007 oleh nnuke
I. Senggugu (Clerodendron serratum [ L. ] Spr. )
Daun senggugu segar ditumbuk dengan adas pulasari atau daun senggugu muda diremas halus dengan sedikit kapur. Bahan tersebut lalu dibalurkan di tempat yang sakit.
II. Gandarusa ( Justicia gendarussa Burm. f. )
Daun gandarusa segar sebanyak 30 - 60 gr atau yang kering 15 - 30 gr, direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum pagi dan sore hari, masing - masing 1/2 gelas.

SUSAH TIDUR
Ditulis pada Februari 14, 2008 oleh nnuke
I. BUNGA PAGODA (Clerodendrum japonicum [Thunb.] Sweet)
Keringkan bunga atau akar pagoda secukupnya, lalu giling untuk dijadikan serbuk. Ambil 1 sendok teh serbuk tadi, lalu masukkan ke dalam 1 seloki arak manis. Aduk rata, lalu minum sekaligus pada malam hari menjelang tidur.
II. PUTRI MALU (Mimosa pudica L.)
Cuci 30 gram herba malu segar, lalu rebus dalam 3 air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sebelum tidur.
MAAG/GASTRITIS
Ditulis pada Februari 14, 2008 oleh nnuke
I. BIDURI (Calotropis gigantea [Willd.] Dryand ex. W.T. Ait)
1/3 genggam bunga biduri rebus dengan 3 gelas air menjadi 2 ¼ gelas. Setelah dingin saring dan tambahkan madu minum 3 kali sehari.
II. JOMBANG (Taraxacum officinale Weber et Wiggers)
15 gram herba jombang potong 2/1 rebus dalam 3 gelas air menjadi 1 gelas. Tambahkan 1 sendok makan arak gelas diaduk minum setelah makan 3 kali sehari @ 1/3 gelas.
III. DAUN SALAM (Syzygium polyanthum [Wight.] Walp.)
15-20 lembar daun salam rebus dengan ½ liter air 15 menit. Tambahkan gula enau secukupnya setelah dingin minum airnya sebagai teh.
HIPERTENSI
Ditulis pada Februari 14, 2008 oleh nnuke
I. DAUN MURBEI (Morus alba L.)
15 gram daun murbei segar, rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit setelah dingin saring minum 2 kali sehari @ 1 gelas.
II. PULE PANDAK (Rauvolfia serpentina [L.] Bentham ex. Kurz..)
50 gram akar pule pandak rebus dengan 3 gelas air menjadi 1 gelas. Setelah dingin saring minum 2 kali sehari @ ½ gelas.
III. TAPAK DARA (Catharonthus roseus [L.] G. Don
15 gram tapak dara direbus dengan 5 gelas air menjadi 2 gelas. Setelah dingin saring minum 2 kali sehari @ 1 gelas.
Sumber : http://nnuke.wordpress.com

5 comments:

Anonymous said...

bagus sih,klo bisa racik sendiri...
tapi menurut gw klo tanamannya aja susah nyarinya,pasti orang juga pada males racik sndiri,mending beli di apotik...ya nggak sih???apalgi karakter org indo yang males repot...hehe

Unknown said...

kalo menurut gw sebaliknya..
ini merupakan ramuan2 yg menarik,karena banyak sekali sekarang obat2 tradisional yang lebih berkhasiat dibanding dengan obat apoteker. malah skrg byk kasus bahwa peredaran obat2 yang makin ilegal.terutama dalam bentuk serbuk. sebagian kaum awam mana mungkin kita tahu obat yg selama kita minum baik utk kita??
kita kasih contoh aja deh. pete. siapa yg tdk tahu pete??
banyak riset membuktikan pete memiliki banyak manfaat :
Depresi-
Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi , banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete. Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan , sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax , memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

-PMS (premenstrual syndrome)-
Jika mengalami PMS saat ' tamu ' datang , kamu ga perlu minum pil ini ataupun itu , cukup atasi dengan makan pete.. Vitamin B6 yang dikandung pete mengatur kadar gula darah , yang dapat membantu mood.

-Anemia-
Dengan kandungan zat besi yang tinggi , pete dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

-Tekanan darah tinggi-
Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium , tetapi rendah garam , sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya , sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

-Kemampuan otak-
200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah melalui ujian pada tahun ini karena memakan pete pada saat sarapan , istirahat , dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada.

-Sembelit-
Karena kandungan serat yang tinggi , maka pete akan
mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan ,
membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus
kembali ke laksativ..

nah..
tapi itu semua tergantung dari pribadi masing2 sii..pada dasarnya sakit itu bisa sembuh tidak 100% berasal dari obat! tapi dari sugesti pribadi masing2,,

Anonymous said...

woow,pete yaa...
buaah yang ajaiiiiib...
btw,nice info...

Anonymous said...

eeh,numpang promosi blog y..hehe
baca blog gw juga di avian-placesonearth.blogspot.com yah..
thanks

ivory said...

intinya cuman ada di daya tahan tubuh.. klo badan fit segala jenis virus bakal mental.. sekarang pertanyaan nya adalah bagaimana menjaga daya tahan tubuh agar selalu dalam batas normal..

buat tim tosca-green it's nice info..
chayooooo...

ivory